Menyatukan 2 File Atau Lebih Menjadi 1 File Menggunakan Command Prompt

Bagi para pengguna setia sistem operasi Windows, mungkin istilah Command Prompt atau yang dalam bahasa pasarannya sering disebut DOS bukanlah sesuatu yang baru lagi.

Kali ini saya akan sedikit sharing tentang salah satu perintah yang sering digunakan pada Command Prompt, yaitu perintah copy.

Dari dulu, yang saya tahu perintah copy digunakan hanya untuk menduplikasikan satu file atau lebih menjadi file baru yang sama dengan file asal/aslinya.
Akan tetapi sebenarnya perintah copy dapat digunakan untuk menyatukan dua file atau lebih menjadi satu file baru yang isinya merupakan gabungan antara file-file tersebut.

‘Jurus’ ini saya peroleh setelah mendapatkan ‘bisikan gaib’ dari om Samudra Prasetio, disaat saya sedang mengerjakan sebuah aplikasi berbasis web yang kebetulan membutuhkan kemampuan untuk menyatukan beberapa file video menjadi satu file video baru. Setelah saya coba menempelkan perintahnya dalam baris-baris kode aplikasi tersebut, ternyata berjalan dengan sempurnya. Sayangnya perintah ini hanya berlaku di sistem operasi windows, sedangkan di linux boro-boro jalan, bergeser saja tidak.

Perintahnya sebagai berikut :
copy file_1+file_2 file_baru

Contoh :
copy plot.log+YServer.txt+UsageTrack.txt hasil.txt
plot.log
YServer.txt
UsageTrack.txt
1 file(s) copied.

copy /b a.mpg+b.mpg c.mpg
a.mpg
b.mpg
1 file(s) copied.

Command Prompt - Copy

Perintah tersebut saya coba terapkan untuk file pdf & doc, ternyata tidak berhasil. Mungkin diantara rekan-rekan ada yang sudah mengetahui teknik seperti ini untuk diaplikasikan di linux, monggo dishare.

3 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *